Kamis, 01 Desember 2011

Contoh Penulisan Pengutipan dan Refernsi

1.      Buku
Koentjaraningrat (2000:180) menyatakan “kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusias dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar”.
Refernsi:
Koentjraningrat. 2000. pemasyarakat ngantar ilmu antropologi. Jakarta: PT rineka cipta.


2.      Artikel jurnal
Sodiq,(2008:163) menarik kesimpulan sbb:
Dalam memilih pemimpin orang jawa mempunyai cara yang sangta berbeda dengan orang luaar jawa. Mereka begitu teliti dan jlimet, karena bagi orang jawa nasib baik buruk sebagai bangsa sangat ditentukan oleh pemimpin. Pemimpin dalam perspektif orang jawa mempunyai kekuasaan yang begitu besar, maka jangan sampai ketika memilih pemimpin keliru yang justru akhirnya akan mengundang bencana. Maka uutk mebebaskan dari ancaman itu, dibutuhkan pemimpin yang bisa menyelamatkan dan mengantrkan rakyatnya menuju gerbang kesejahteraan.

Sodiq, ibnu. 2008. Presiden dalam perspektif masyarakat jawa. Jurnal komunitas sosiologi 2.4:163-169.

3.      Koran
Yuniarti (2011:6) menyimpulkan bahwa:
Indonesia sebagai tuan rumah dalam Penyelenggaraa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 18 ASEAN yang akan dihadiri pemimpin dari 10 negara anggota diharapkan membawa manfaat besar bagi kepentingan indonesia. Dalam hal ini indonesia memiliki beberapa peran penting dainatranya perbedaan kepentingan dari negara-negara anggota. Peran lain yang juga diharapkan adalah mencari solusi atas persoalan buruh migran, perdagangan manusia, masalha hak asasi dan konflik perbatasan yang kadang menjadi duri dalm hubungan antar anggota ASEAN.

Yuniarti, Anik. 2011. Solusi Atas Konflik Internal ASEAN. Suara Merdeka. 6 Mei.hlm.6.


4.      Media Elektronik
“pancasila itu ideologi yang memepersatukan seluruh komponen bangsa. Pancasila ideologi gotong-royong intinya pancasila punya kita semua”. Kta Taufik Kiemas.

Lipiuatn6, pancasila harus direvitalisasi. Sctv. Senin (09/05/2011).16:46.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar