RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Kelas : XI (Sebelas)
Semester : 2 (Genap)
Program : -
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 6 x Pertemuan
A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
C. Indikator
1. Mendefinisikan kelompok sosial
2. Mendeskripsikan syarat terbentuknya kelompok sosial
3. Mengidentifikasi macam-macam kelompok sosial
4. Mengidentifikasi kelompok sosial yang tidak teratur
5. Mendeskripsikan masyarakat setempat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan kelompok sosial
2. Siswa dapat mendeskripsikan syarat terbentuknya kelompok sosial
3. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam kelompok sosial
4. Siswa dapat mengidentifikasi kelompok sosial yang tidak teratur
5. Siswa dapat mendeskripsikan masyarakat setempat
E. Materi Pelajaran
Kelompok Sosial
F. Alokasi Waktu : 15 x 45 menit
G. Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, role play, quantum learning, problem solving
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari di kelas XI IPS
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendeskripsikan kelompok sosial sosial
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi kelompok sosial
Ø Masing-masing kelompok memberikan contoh kelompok sosial
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi kelompok sosial
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terahadap materi pelajaran
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Pertemuan 2 (1 JP)
1. Kegiatan Awal (5’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang proses terbentuknya kelompok sosial
2. Kegiatan Inti (30’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok mendiskusikan tentang proses terbentuknya kelompok sosial
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang proses terbentuknya kelompok sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap diskusi yang tidak relevan dengan konsep proses terbentuknya kelompok sosial
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan pertanyaan postes tentang materi yang telah dipelajari
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini
Pertemuan 3 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsep proses terbentuknya kelompok sosial
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang syarat terbentuknya kelompok sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang syarat terbentuknya kelompok sosial
Ø Kelompok 1 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan nasib
Ø Kelompok 2 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan kepentingan
Ø Kelompok 3 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan tujuan
Ø Kelompok 4 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan ideologi politik
Ø Kelompok 5 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan musuh
· Elaborasi
Ø Siswa secara berkelompok menampilkan performans dari syarat terbentuknya kelompok yang telah ditetapkan
Ø Siswa dari kelompok lain memperhatikan performans yang ditampilkan
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang syarat terbentuknya kelompok
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan materi
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 4 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu klasifikasi kelompok sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang syarat klasifikasi kelompok sosial
Ø Kelompok 1 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan besar kecilnya anggota kelompok
Ø Kelompok 2 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan derajat interaksi dalam kelompok
Ø Kelompok 3 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan kepentingan dan wilayah
Ø Kelompok 4 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan kelangsungan kepentingan
Ø Kelompok 5 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan derajat organisasi
· Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok menampilkan performans tentang klasifikasi kelompok sosial
Ø Kelompok lain memperhatikan performans dan memberikan kritik dan saran kepada kelompok yang tampil
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang klasifikasi kelompok sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan klasifikasi kelompok sosial
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 5 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa membaca materi pelajaran pada pertemuan yang lalu
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu melanjutkan klasifikasi kelompok sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mempersiapkan performans tentang klasifikasi kelompok sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang kelompok dari sudut pandang individu
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang ingroup
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang outgroup
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang kelompok primer
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang kelompok sekunder
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang paguyuban
Ø Kelompok 7 mengkaji tentang patembayan
Ø Kelompok 8 mengkaji tentang formal group
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans berupa parodi atau drama singkat
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang klasifikasi kelompok sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan
Pertemuan 6 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu kelompok sosial yang tidak teratur
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Guru membagikan kartu soal kepada masing-masing kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membuat performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang formal audience
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang inconvenient aggregations
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang panic crowds
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang spectator crowds
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang acting mobs
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang publik
Ø Kelompok 7 mengkaji tentang masyarakat setempat
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans tentang kelompok sosial yang tidak teratur
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang kelompok sosial yang tidak teratur
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
I. Sumber belajar
1. Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
2. Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan
1. Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
2. Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan
J. Penilaian Penilaian Performans
1. Performans tentang struktur sosial
2. Aspek yang dinilai:
Kecakapan akademis
Kecakapan sosial
3. Pedoman penskoran:
No. | Aspek Yang Dinilai | Kriteria |
1. | 1. Kecakapan akademis · Penguasaan materi | Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik Skor 4, jika penguasaan materi baik Skor 3, jika penguasaan materi sedang Skor 2, jika penguasaan materi kurang Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang |
· Pengembangan konsep | Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya | |
2. | Kecakapan sosial · Penghayatan peran | Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik Skor 4, jika penghayatan peran baik Skor 3, jika penghayatan peran cukup Skor 2, jika penghayatan peran kurang Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang |
· Intonasi suara | Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan | |
· Ekspresi | Skor 5, jika ekspresi sangat baik Skor 4, jika ekspresi baik Skor 3, jika ekspresi cukup Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang Skor 1, jika ekspresi sangat kurang |
FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG KELOMPOK SOSIAL
No. | Aspek Yang Dinilai Nama Siswa | Kecakapan Akademis | Kecakapan Sosial | |||
Penguasaan Konsep | Pengembangan Konsep | Penghayatan peran | Intonasi suara | ekspresi | ||
1. | ||||||
2. | ||||||
3. | ||||||
4. | ||||||
5. | ||||||
6. | ||||||
7. | ||||||
8. |
Semarang, 27 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Totok Rochana Tia Sajida
NIP NIM. 3401409O16
Tidak ada komentar:
Posting Komentar